Minggu, 13 September 2009

STOP HIV DENGAN KHITAN!!! (SYARIAT ISLAM)

Pada zaman modern ini ilmu pengetahuan dan tekhnologi berkembang sangat pesat. Hal ini dapat menuimbulkan pergaulan atau perubahan gaya hidup yang semakin jauh dari ajaran agama menjadi paham baru atau banyak masyarakat Indonesia yang meniru gaya barat atau paham baru yang dinamakan “The New Morality”(Moral baru) yang semua itu bersumber pada Doctrine Of Permissivnes yaitu ajaran yang bersumber pada kebebasan atau setiap orang membolehkan melakukan segala-galanya yang kemudian melahirkan suatu masyarakat yang serba bebas. Hal ini tercermin dalam perilaku manusia mengenai seks bebas, mereka melakukan hal itu sesuai dengan keinginan mereka tanpa memikirkan akibatnya yang akhirnya mereka terkena penyakit AIDS yang disebabkan oleh virus HIV. Penyakit ini pertama kali timbul di Afrika, Haiti dan America Serikat pada tahun 1978. Pada tahun 1979 Amerika serikat melaporkan kasus- kasus sarkoma kaposi dan penyakit- penyakit infeksi yang jarang terjadi di Eropa. pada tanggal 5 juni 1981, ketika Center For Disease Control and Prevention Amerika Serikat mencatat adanya Pneumonia Pneumosistis (sekarang masih diklasifikasikan sebagai PCP tetapi diketahui disebabkan oleh Pneumocystis Jirovecci) pada lima laki-laki homoseksual di Los Angles. Hal ini menimbulkan dugaan yang kuat bahwa transmisi penyakit ini terjadi melalui hubungan seksual. Hal itu diperkuat di Indonesia melalui penelitian seorang wisatawan berusia 44 tahun asal Belanda, Edward Hop, meninggal di Rumah Sakit Sanglah, Bali. Kematian lelaki asing itu disebabkan AIDS. Hingga akhir 1987, ada enam orang yang didiagnosis HIV positif, dua di antara mereka mengidap AIDS.
Dalam ajaran Islam pun sudah ada cara pencegahan HIV yaitu dengan cara khitan/ sunat. Hal itu sudah ada sejak zaman Nabi Ibrahim dan sampai sekarang ajaran itu tetap dilestarikan, karena hal itu merupakan kewajiban bagi seorang laki-laki yang muslim. Itu merupakan strategi alternatif dalam pencegahan HIV. Hal itu merupakan sebuah strategi yang diderivasi dari keyakinan dan hukum-hukum Islam yang memang diturunkan oleh Sang Pencipta manusia, untuk menyelesaikan problematika apapun yang dihadapi manusia. Secara singkat, gambaran strategi tersebut adalah:
Prinsip pertama, mencegah kemunculan perilaku beresiko dilakukan dengan melakukan pendidikan dan pembinaan kepribadian Islam, menciptakan lingkungan yang kondusif, dan memberantas lingkungan yang tidak kondusif.
Prinsip kedua, memberantas perilaku beresiko penyebab (seks bebas dan penyalah gunaan NAZA) dengan menutup ’pintu-pintu’ terjadinya perzinahan seperti prostitusi; menutup ’pintu-pintu’ terjadinya penyalahgunaan obat; memberikan sanksi tegas pada pelaku perzinahan, seks menyimpang, penyalahguna NAZA, konsumen khamr, beserta pihak-pihak yang terkait, yang mampu memberikan efek jera. Atau dengan kata lain menegakkan sistem hukum dan sistem persanksian Islam.
Prinsip ketiga, pencegahan penularan kepada orang sehat dilakukan dengan mengkarantina pasien terinfeksi (terutama stadium AIDS) untuk memastikan tidak terbukanya peluang penularan; melakukan pendidikan yang benar tentang HIV/AIDS kepada semua kalangan disertai sosialisasi sikap yang diharapkan dari masing-masing pihak (komunitas ODHA/OHIDA, komunitas risiko tinggi, komunitas rentan); pendidikan disertai aktivitas penegakan hukum kepada ODHA yang melakukan tindakan yang ’membahayakan’; pembinaan rohani, pemberdayaan ODHA sesuai kapasitas, dan memastikan kebijakan penanganan yang tepat tanpa melakukan kedloliman/diskriminasi).
Dan yang juga harus dilakukan adalah menciptakan sistem integral yang kondusif. Mulai dari penerapan sistem pendidikan perspektif Islam untuk mewujudkan kepribadian Islam individual dan kesalehan sosial; Sistem ekonomi Islam dalam mengatasi kemiskinan dan mewujudkan kesejahteraan; solusi Islam dalam mengatasi ketenagakerjaan/ perburuhan; solusi Islam dalam mengatasi masalah kriminalitas; solusi Islam dalam mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih; dan sekilas tentang pendanaan program penanggulangan HIV/AIDS perspektif Islam. Singkat kata: Solusi tuntas HIV/AIDS adalah terapkan sistem Islam dengan kaaffah (menyeluruh) Untuk mengatasi itu semua Isam telah mengaturnya sendiri antara
Sunat merupakan salah satu kepercayaan orang muslim yang dipercayai dapat memberikan hidup ini lebih sehat. Salah satunya merupakan cara pencegahan dalam penularan HIV karena dengan khitan seorang pria itu akan tidak cepat dijangkiti oleh penyakit yang menakutkan itu. Dengan kata lain sebahagian besar pria yang telah disunat tidak terjangkit AIDS. Pria yang disunat jauh lebih bersih, karena lebih mudah merawatnya. Hal ini diakibatkan karena kepala penis jauh lebih mudah dibersihkan dari penumpukan kotoran pada leher kepala penis. Disamping itu setelah berhubungan seksual kepala penis pun akan lebih cepat dan lebih mudah menjadi kering Sunat dalam istilah medisnya disebut circumtitio adalah pembuangan kulup atau sebagian dari kulit di ujung penis. Kulup atau kulit penutup kepala penis dalam bahasa medis disebut preputium.
Sebagaimana firman-Nya dalam surat Al-Baqarah ayat 155-157, yang artinya : “Dan sungguh akan kami berikan cobaan kepadamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar”, yaitu orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan “Innalillahi Wa Inna Ilaihi Raji’un. Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan-Nya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk”.
Ayat-ayat diatas memberi petunjuk bahwa musibah yang menimpa manusia, termasuk penyakit AIDS yang sekarang diderita oleh banyak orang, ada dua kemungkinan :
a) Dianggap sebagai adzab atau cobaan, maka itu dikenakan kepada penderita AIDS dikarenakan ketularan dari orang lain bukan karena penyimpangan seksual.
b) Dianggap sebagai kutukan Allah SWT, maka itu dikenakan kepada orang yang banyak berbuat dosa, melampaui batas seksual, melanggar ketentuan Allah SWT.
Ada suatu ungkapan yang merupakan keluhan, ratapan, penyesalan dan peringatan dari penderita AIDS yang berbaring ditempat tidurnya, yang berbunyi :
Saya tinggal menunggu takdir yang selalu mengetuk pintu kamarku, kudengar suaranya dari dalam sanubariku tidaklah aku menginginkan disiksa seperti ini dari penyakit AIDS, penyakit dizaman modern ini. Sudah banyak orang tersenyum dan menyampaikan ucapan do’a untuk kesembuhanku semoga tidak berguna lagi kecuali aku menunggu takdir yang selalu berdetak dijantungku menunggu detik-detik terakhir nafasku.
Rock Hudson, Penderita AIDS menjelang kematiannya dia telah meraih kemasyurannya lewat layar putih di Amerika namun, apakah arti kemasyuran harta benda kekayaan apabila menyandang derita betapa sakitnya diserang penyakit HIV. Ini merupakan I’tibar dan peringatan bagi mereka yang mempunyai hati dan perasaan, inilah balasan bagi mereka pembuat dosa menyalahi sunnatullah dalam kehidupan masyarakat itulah balasan bagi orang-orang yang fasad dan itulah akhir dari suatu kehinaan.
(Terjemahan dari buku Al-jundi Al-Muslim)
Ungkapan diatas memberikan gambaran betapa penderitaan atas rasa sakit yang tiada taranya, yang dialami oleh penderita AIDS menjelang akhir hayatnya. Hal tersebut menjadi I’tibar dan pelajaran bagi orang sehat, agar bebas dari wabah penyakit AIDS yang mematikan. Dalam upaya penanggulangan penyakit AIDS banyak hal yang harus diketahui seperti pengertiannya, sebab pencegahannya, dan pengobatannya.
Pertamakali penderita AIDS ditemukan pada tahun 1979 di New York, seorang laki-laki homoseks (liwath). Kemudian diikuti penderita lainnya yang kebanyakan kaum homoseks (penyakit perbuatan kaum Nabi Luth). Hal itu merupakan kebebasan dalam hubungan seksual (freedom of sexual act and expression). Kehidupan yang demikian itu telah diperintahkan oleh Allah SWT dalm firman-Nya :
Artinya : “Maka tatkala mereka melupakan peringatan yang telah diberikan pada mereka. Kamipun membukakan semua pintu kesenangan untuk mereka, sehingga apabila mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka dengan sekonyong-konyong maka ketika itu mereka terdiam berputus asa”. (Al-An’am :44)
Ayat tersebut memberikan petunjuk bahwa musibah berupa penyakit HIV, boleh jadi peringatan, kutukan, adzab Allah SWT terhadap manusia yang hidup serba bebas mengabaikan norma-norma dan nilai-nilai agama. Virus AIDS terutama terdapat didalam darah, air mani dan cairan vagina ditularkan dengan cara:
1. Melalui hubungan seksual (homo maupun heteroseksual) dengan seseorang yang tubuhnya mengidap HIV
2. Tranfusi darah yang mengandung HIV
3. Melalui alat suntik atau alat tusuk lainya (akufunktur, tatoo, tindik) bekas pakai orang yang mengidap HIV
4. Pemindahan virus dari Ibu hamil yang mengidap HIV kepada janin yang diakandungya.
Pencegahan secara umum adalah upaya memberikan penerangan penyuluhan kepada masyarakat tentang penyakit AIDS, baik sebab-sebabnya maupun bahayanya menurut ajaran Islam. Usaha-usaha ini dapat dilakukan melalui khatbah, pengajian, ceramah agama dan lembaga-lembaga keagamaan memegang peranan penting. dalam konteks ini mereka perlu memiliki pengetahuan yang kuat dan mendalam tentang AIDS dan segala permasalahannya. Memberikan penerangan dan penyuluhan kepada masyarakat merupakan dakwah Islamiyah yang sangat dianjurkan oleh agama Islam. Mencegah masyarakat dari penyakit dari penyakit AIDS yang mematikan itu dakwah amar ma’ruf nahi munkar, Allah berfirman :
Artinya : “Dan hendaklah ada diantara kamu segolongan ummat yang menyeru kepada kebaikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar ; merekalah orang-orang yang beruntung”.(Ali-Imron : 104).
Pencegahan secara khusus adalah pencegahan yang dilakukan terhadap diri sendiri dan anggota keluarga dari serangan penyakit AIDS, pencegahan terhadap diri sendiri dilakukan dengan cara :
1. Hubungan seksual hanya dengan istri sendiri dan menghindarkan hubungan seksual diluar nikah
2. Hindarkan hubungan seksual bila sedang mengalami luka pada alat kelamin dan hindarkan pula penggunaan alat-alat tertentu saat berhubungan seksual yang memungkinkan timbulnya luka.
3. Hindarkan hubungan seksual secara homo, lesbian maupun sodomi (melalui lubang dubur).
5. Hindarkan penggunaan pisau cukur gunting kuku atau sikat gigi milik orang lain, karena alat-alat tersebut mungkin mengandung butir-butir darah pengidap HIV
6. Mengadakan pemeriksaan darah untuk mengetahui apakah mengidap virus HIV atau tidak dengan terlebih dahulu diberi konseling.

Pengobatan sebagai upaya menyembuhkan penyakit yang diderita adalah perintah agama, Nabi Muhammad SAW bersabda :
Artinya : “Berobatlah wahai hamba Allah, karena sesungguhnya Allah tidaklah menurunkan suatu penyakit, kecuali telah diturunkan pula obatnya, selain penyakit yang satu, yaitu penyakit tua (pikun)”. (HR Ahmad Arba’ah, Ibnu Hibbah dan hakim).
Jadi pada dasarnya semua penyakit itu ada obatnya, termasuk HIV juga ada obatnya tapi sampai sekarang belum ada obatnya. Kalu HIV itu merupakan azab yang diberikan oleh Allah kepada yang mereka melanggar ajaran agama, yaitu melakukan hubungan sebelum menikah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar